12 manfaat rencana dalam bisnis

12 Manfaat Jika Membuat Rencana Bisnis Dengan Baik

Apakah Anda mempertimbangkan untuk mendekati bank untuk mendapatkan pembiayaan guna mendukung bisnis Anda? Jika Anda belum pergi menemui manajernya, Anda mungkin tidak tahu bahwa hal pertama yang ingin dia lihat adalah rencana bisnis Anda.

Anda mungkin tidak yakin bahwa semua waktu dan upaya yang dibutuhkan untuk menyiapkan rencana bisnis itu perlu.

Jika demikian, berikut adalah manfaat utama untuk Anda dan bisnis Anda.

  1. Tidak peduli seberapa baik Anda berkomunikasi, Anda tidak akan pernah bisa menyampaikan visi bisnis Anda sesukses rencana bisnis yang disatukan dengan begitu sempurna. Ini memberikan pemahaman yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai. Ini memungkinkan Anda untuk mengekspresikan pikiran Anda dengan cara yang lebih jelas.
  2. Pemilik bisnis sering mencoba untuk menjual idenya secara lisan dan di akhir wawancara dengan bank, manajer tidak lebih bijak daripada sebelumnya. Saya kira Anda bisa menebak hasil dari banyak permintaan ini!
  3. Rencana bisnis akan membantu meyakinkan Anda dan bank tentang kelayakan dan kelayakan proyek. Tidak ada yang namanya memiliki semua fakta di depan Anda untuk mengklarifikasi masalah utama
  4. Tidak dapat dihindari fakta bahwa pemilik bisnis yang merencanakan masa depan tampak lebih ambisius dan fokus. Rencana bisnis yang dipersiapkan dengan baik menunjukkan bahwa Anda memiliki visi dan tahu apa yang Anda inginkan
  5. Dengan begitu banyak ide yang melintas di benak Anda, jebakan atau jebakan untuk sukses tidak akan pernah terlihat. Jarang pikiran yang keras dan lembap mencapai kejernihan. Rencana bisnis memaksa Anda untuk menuliskan pemikiran Anda secara terorganisir. Hasilnya mungkin Anda sedang menuju ke arah yang sama sekali berbeda dari yang awalnya Anda pikirkan, atau bahkan menyerah pada ide Anda sama sekali. Bukan ide yang bagus, tapi mana yang lebih Anda sukai? Kehilangan modal tetap Anda atau kesempatan untuk memikirkan kembali ide Anda?
  6. Ini adalah alat yang ideal untuk memantau kemajuan terhadap tujuan yang Anda tetapkan sendiri (kita akan membahas penetapan tujuan nanti). Dengan memeriksa kemajuan rencana Anda, Anda akan dapat menentukan apakah Anda menyimpang dari visi awal Anda sehingga Anda akan tahu apa yang harus dimasukkan dengan benar.
  7. Bayangkan jika Anda tidak memiliki pemindaian ini; Perubahan arah yang tidak disadari atau kesalahan dalam mencapai tujuan Anda, jika dibiarkan tidak dikoreksi terlalu lama, dapat berakibat fatal bagi bisnis Anda. Di sisi lain, mungkin ternyata beralih dari visi awal Anda bisa menjadi alternatif yang lebih baik, tetapi setidaknya mengakui bahwa perubahan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan jalan Anda dengan cara yang terencana, teratur, dan disiplin.
  8. Setiap tindakan yang Anda lakukan memiliki konsekuensi, dan rencana tersebut membantu memperjelas konsekuensi ini lebih lanjut. Menyadari dampak potensial dari arah yang Anda pilih memungkinkan Anda untuk merencanakan masa depan, membuat Anda lebih mampu menangani apa pun yang dunia pekerjaan lepas dapat berikan kepada Anda. Ini adalah sesuatu yang tidak akan pernah dicapai oleh “perencanaan pikiran”.
  9. Menempatkan ide-ide Anda di atas kertas mungkin membuat Anda menyadari bahwa Anda perlu melakukan lebih banyak penelitian tentang permintaan untuk produk atau layanan Anda. Ini juga dapat menyoroti kebutuhan untuk penyelidikan lebih lanjut terhadap produk atau layanan pesaing Anda. Riset tambahan dapat membantu menghindari kesalahan yang berpotensi merugikan atau bahkan mengungkap fitur tersembunyi yang belum pernah Anda lihat sebelumnya!
  10. Rencana tersebut akan mengarahkan Anda ke jumlah uang yang dibutuhkan untuk membuat ide berhasil. Di benak Anda, Anda mungkin memiliki gambaran kasar tentang apa yang harus dipegang, tetapi sampai Anda memperkirakan arus kas, Anda mungkin tidak menyadari bahwa batas cerukan akan diperlukan, bersama dengan pinjaman untuk peralatan Anda. Jika merujuk pada menyiapkan perkiraan arus kas membuat Anda lelah, jangan khawatir, karena saya akan menunjukkan cara melakukannya nanti di buku ini.
  11. Rencana bisnis akan membantu Anda memperoleh pembiayaan. Salah satu alasan utama bank menolak permintaan pinjaman adalah kurangnya informasi untuk membantu membuat keputusan yang tepat. Jika manajer tidak memiliki cukup pengetahuan tentang ide atau bisnis Anda, dia tidak akan merasa cukup nyaman untuk mendukung Anda. Dia harus memahami bisnis Anda sebelum mengatakan ya. Suatu saat nanti, dia mungkin harus menjelaskan kepada atasannya mengapa mereka meminjamkan uang kepada Anda, jadi dia membutuhkan informasi sebanyak mungkin untuk mendukung keputusannya. Rencana tindakan akan membuatnya merasa lebih nyaman dan lebih bisa mengatakan ya
  12. Saat Anda selesai menulis rencana bisnis, Anda akan memiliki pemahaman yang lengkap tentang bisnis Anda. Kekuatan dan kelemahannya, lingkungan tempat Anda bekerja, apa yang bisa salah, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk memastikan kesuksesan Anda. Perencanaan di bagian belakang amplop tidak akan mencapai ini
BACA JUGA  Aspek Pertimbangan Sebelum Mulai Bisnis dari Nol

Sekarang Anda harus menyadari bahwa Anda harus memiliki rencana bisnis; Ini mungkin perbedaan antara sukses dan kegagalan yang ditakuti! Ini semua tentang memahami pentingnya perencanaan untuk masa depan.

Luangkan waktu untuk menuliskan ide-ide Anda di atas kertas dengan cara yang teratur dan logis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *