resiko dalam bisnis

Macam-Macam Resiko Dalam Bisnis Dan Solusinya

Tidakkah Anda berpikir bahwa bisnis kecil Anda beresiko? Pikirkan lagi. Disadari atau tidak, bisnis Anda mengandung informasi dan aset berharga yang mungkin tidak dilindungi saat ini. Bisnis Anda kemungkinan besar memiliki informasi pelanggan rahasia, pengetahuan bisnis eksklusif, atau hanya pengetahuan orang dalam yang Anda tidak ingin diekspos ke penjahat atau pesaing. Kehilangan informasi ini dapat berdampak buruk pada bisnis Anda. Meskipun asuransi bisnis adalah bagian penting dari perlindungan Anda, namun tidak dapat melindungi pelanggan dari pencurian identitas atau bisnis Anda dari karyawan atau pesaing yang tidak bermoral.

Terlepas dari ukuran atau kecilnya, bisnis Anda membutuhkan rencana keselamatan dan pemulihan yang mengidentifikasi risiko yang dihadapinya, membantu melindungi dari risiko tersebut dan menetapkan rencana untuk menangani jenis kerugian yang paling mungkin terungkap.

Rencana Anda juga harus mempertimbangkan aspek “fisik” dan “virtual” dari bisnis Anda.

– Mulailah dengan melihat jenis risiko yang mungkin dihadapi bisnis Anda.

Bagaimana jika informasi bisnis Anda hilang atau dicuri? Apakah Anda memiliki file atau catatan pelanggan, tanda terima pajak, laporan bank, rencana bisnis, dan produk bisnis pelanggan?

– Selanjutnya, pertimbangkan aspek fisik bisnis Anda yang mungkin berisiko.

Apakah Anda memiliki peralatan kantor, inventaris, komputer, atau gadget bisnis tertentu yang unik?

– Terakhir, lihat bagaimana Anda menjalankan bisnis Anda.

Apakah Anda bergantung pada teknologi, internet, atau karyawan dengan keterampilan unik? Apakah model bisnis Anda bergantung pada proses berulang yang unik untuk bisnis Anda?

BACA JUGA  Manfaat Membuat Badan Usaha Untuk Bisnis Anda

Sekarang, pertimbangkan apa yang akan terjadi pada bisnis Anda jika bagian dari bisnis Anda ini hilang, hancur, atau dicuri. Bisakah Anda tetap bekerja jika kehilangan file klien Anda? Bisakah klien dituntut jika informasi pribadi mereka diungkapkan? Bisakah itu menjadi target publisitas negatif? Bisakah pesaing Anda mendapatkan keuntungan jika mereka memiliki akses ke informasi? Bagaimana jika saya kehilangan akses ke email selama sehari? Bagaimana jika karyawan kunci ini tiba-tiba pergi untuk pekerjaan lain? Bagaimana jika kantor Anda terbakar atau kebanjiran?

Rencana keamanan dan pemulihan Anda harus menetapkan pengamanan, kebijakan, dan prosedur untuk mencegah beberapa risiko ini dan potensi dampak negatif pada bisnis Anda. Akses fisik ke gedung relatif mudah dikendalikan meskipun sebagian besar usaha kecil hanya memiliki kunci di pintu depan. Haruskah Anda mempertimbangkan untuk mengunci laci arsip? Apakah inventaris dikontrol? Apakah setiap karyawan memiliki akses, bahkan ke hal-hal yang bukan bagian dari pekerjaannya? Dapatkah karyawan yang tidak puas atau dipecat kembali ke ruang kerja setelah jam kerja dengan salinan kunci tambahan?

Rencana Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana melindungi bagian “virtual” dari bisnis Anda. Apakah Anda memiliki salinan cadangan dari file penting? Apakah Anda memiliki sandi, nomor akun, dan “kunci” lain yang dilindungi dengan aman? Apakah komputer Anda memiliki perlindungan virus dan firewall, dan apakah sudah diperbarui? Apakah Anda memiliki kebijakan penggunaan Internet dan email untuk melindungi karyawan Anda dari biaya pelecehan?

Bagaimana dengan karyawan atau pekerja jarak jauh yang “mengambil pekerjaan rumahan?” Dalam lingkungan yang sangat mobile saat ini, informasi bisnis penting sekarang dapat dengan mudah diakses di luar kendali fisik Anda? Apakah karyawan Anda tahu cara melindungi laptop, ponsel, flash drive, atau bahkan mencetak data kerja segera setelah mereka meninggalkan ruang kerja Anda? Bagaimana jika komputer laptop dicuri dari mobil, rumah, atau kamar hotel pekerja? Apakah Anda memiliki salinan cadangan data di laptop? Bagaimana jika karyawan Anda mengakses informasi Anda dari WiFi Café? Bagaimana Anda tahu jika pelanggan dan bisnis Anda dilindungi?

BACA JUGA  Mengapa Anda membutuhkan badan usaha?

Terakhir, rencana keamanan dan pemulihan Anda harus mempertimbangkan bagaimana menangani potensi kerugian. Misalnya, jika komputer yang menyimpan semua informasi penjualan Anda macet, Anda mungkin memiliki rencana untuk memulihkan informasi ini segera dari cadangan. Di mana tape atau disk cadangan disimpan? Siapa yang memiliki akses ke sana dan yang terpenting, siapa yang tahu cara memulihkan cadangan? Jika kantor Anda kebanjiran, seberapa cepat Anda akan bergerak? Bisakah beberapa karyawan bekerja dari rumah atau dari lokasi terpencil lainnya untuk sementara? Jika informasi pelanggan dicuri, apakah Anda punya cara untuk menghubungi mereka?

Sebagian besar pemilik usaha kecil kemungkinan telah mengambil langkah pertama seperti membeli asuransi dan mengunci pintu depan. Sayangnya, hanya sedikit yang meluangkan waktu untuk benar-benar memahami potensi risiko bagi bisnis mereka.

Meluangkan waktu setidaknya sekarang untuk membuat rencana informal akan sangat membantu jika terjadi bencana nyata atau kerugian lainnya. Jelas, perencanaan terbaik tidak akan melindungi dari semua bencana, tetapi tentu saja dapat mengurangi dampaknya pada bisnis Anda begitu terjadi.

Aubrey Jones adalah Presiden dan Pendiri Riverbank Consulting, Inc. Sejak tahun 1996, dia telah melindungi nasabah internet banking untuk siapa saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *