kerja di luar negeri

Tips Mendapatkaan Pekerjaan di Luar Negeri

TKI atau Tenaga Kerja Indonesia adalah sebutan bagi Warga Negara Indonesia yang bekerja di luar negeri dalam suatu hubungan kerja untuk jangka waktu tertentu dan menerima gaji. Namun, istilah TKI seringkali mengacu pada tenaga kerja selalu di identikan dengan pekerja serabutan, namun di balik itu peran TKI bagi bangsa Indonesia ini mempunyai andil yang sangat besar.

Ketika mendengar kata TKI, apa yang terlintas di benak Anda? Mayoritas orang mengartikan istilah TKI sebagai pekerja yang tidak terampil atau pekerja yang rendah hati. Ada pula yang mengaitkan gelar TKI dengan profesi pembantu rumah tangga atau sejenisnya. Bahkan ada yang merinding mendengar kata TKI karena banyaknya situasi negatif yang dialami TKI di luar negeri.

Penjelasan di atas tidak salah namun juga tidak sepenuhnya benar. Ada banyak hal yang mungkin belum Anda ketahui tentang seluk beluk TKI. Oleh karena itu, artikel berikut akan membahas lebih detail apa itu TKI dan apa saja keuntungan yang bisa didapat dengan menjadi TKI.

Selain tujuannya untuk mengurangi jumlah pengangguran di dalam negeri, TKI mempunyai peran sebagai salah satu sumber pendapatan devisa negara. Makanya, mereka sering disebut sebagai pahlawan mata uang karena menambah uang ke kas karena biasanya TKI akan mengirimkan sebagian pendapatannya ke negara. Beberapa dikirim untuk membantu keluarga mereka, beberapa mengalokasikan uang untuk tabungan mereka ketika mereka kembali ke negara asal.

BACA JUGA  Panduan Tarik Tunai Kartu Kredit di ATM Supaya Aman

Dan kali ini kami bagikan tips bagi anda yang mau bekerja di Luar Negeri

1. Memahami negara tujuan

Bekerja atau tinggal sementara di negara lain tidaklah mudah, perbedaan bahasa dan budaya menjadi kendala utama. Sebelum bekerja di luar negeri, Anda harus memahami terlebih dahulu budaya negara tersebut. Agar tidak terlalu mengalami culture shock saat datang ke sana. Lakukan sedikit riset tentang daerah tempat tinggal Anda atau kota yang ingin Anda tuju.

Selain itu, Anda juga sedang meneliti perusahaan yang Anda targetkan. Pahami seperti apa perusahaan tempat Anda bekerja nanti, bagaimana budaya kerja yang diterapkan di perusahaan tersebut.

2. Lihat Situs Pekerjaan Online

Anda juga harus rajin memantau beberapa situs yang menyediakan informasi lowongan kerja di luar negeri. Pastikan situs tersebut merupakan situs resmi dan terpercaya agar Anda tidak tertipu. Saat ini ada banyak situs yang menawarkan lowongan kerja di luar negeri, Anda dapat dengan mudah mengunjungi situs-situs tersebut dan mencari pekerjaan yang tepat untuk Anda.

Jika Anda sedang dalam proses mendekati perusahaan, Anda harus aktif di jejaring sosial. Seperti aktif di LinkedIn atau jejaring sosial lainnya, Anda dapat melihat jenis bisnis apa yang akan Anda jalani dan siapa yang bekerja di perusahaan tersebut.

3. Perdalam keterampilan Anda dan persiapkan diri Anda secara mental

Persiapkan semuanya dengan hati-hati! Ketika Anda memutuskan untuk bekerja di luar negeri, Anda harus yakin dan memahami keterampilan Anda. Bekerja di negara yang berbeda harus memiliki budaya kerja yang berbeda, terutama jika Anda adalah orang asing di sana. Perdalam ambang batas Anda sehingga Anda dapat mengikuti alur kerja perusahaan. Anda juga perlu siap secara mental.

BACA JUGA  Kelemahan Memiliki Investasi Tabungan Emas

Bekerja di luar negeri tentu saja akan menimbulkan tentangan atau tekanan kerja yang berbeda. Bukan hanya di tempat Anda bekerja, tekanan akan datang dari lingkungan tempat Anda tinggal atau tempat nongkrong nanti. Perbedaan budaya akan menjadi tantangan dan tekanan Anda sendiri. Jadi Anda perlu memahami dan mempersiapkan dengan matang.

4. Lengkapi dokumennya

Sangat penting untuk mempersiapkan dokumen untuk berangkat kerja ke luar negeri. Anda harus memperhatikan dokumen yang diperlukan jika Anda akan bekerja di luar negeri. Setiap negara memiliki aturan yang berbeda dan ketat. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa dokumen yang diperlukan telah disiapkan dengan benar.

5. Punya sponsor

Bekerja di luar negeri Anda harus memiliki sponsor atau penjamin untuk bekerja dan menetap sementara di luar negeri. Sponsor dapat berupa perusahaan yang memberi Anda pekerjaan atau seseorang yang ingin bertanggung jawab sebagai penjamin selama Anda bekerja dan tinggal di negara tersebut.

6. Persiapan biaya

Maka Anda perlu menyiapkan sejumlah biaya untuk bisa bekerja di luar negeri. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, Anda perlu mengetahui tipe tempat tinggal Anda. Karena itu, Anda juga harus menghitung jumlah biaya yang akan Anda keluarkan ketika Anda memutuskan untuk bekerja di luar negeri.

Biaya-biaya tersebut seperti akomodasi, kebutuhan bulanan dan biaya tak terduga lainnya. Anda juga harus mempersiapkan dana untuk pengurusan paspor dan visa yang Anda perlukan untuk bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *