tentang investasi

Investasi Penjelasan dan Penjabarannya

Apakah investasi itu? Sebelum mulai membahas investasi saham, ada baiknya Anda mengenal apa itu investasi. Mudah dipahami, investasi adalah suatu kegiatan mencari investasi yang dapat menghasilkan keuntungan di masa yang akan datang.

Keuntungan masa depan ini mengacu pada kondisi keuangan Anda yang tumbuh dan stabil dalam jangka waktu yang telah ditentukan sesuai dengan jenis investasi yang Anda pilih. Termasuk investasi saham. Hingga saat ini, investasi dalam bentuk uang merupakan cara berinvestasi yang paling populer.

Investasi merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga. Investasi adalah suatu usaha untuk menanamkan modal atau uang dengan harapan memperoleh keuntungan (return) di masa yang akan datang.

Sedangkan pengertian investasi menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pengertian investasi adalah menanamkan, biasanya dalam jangka panjang untuk membeli seluruh aset atau membeli saham dan surat berharga lainnya untuk memperoleh keuntungan.

Investasi

Uang yang Anda investasikan sebagai modal nantinya akan diubah menjadi aset keuangan, yang bisa berupa saham, salah satunya. Investasi pada saham atau investasi lain yang Anda pilih didasarkan pada kemungkinan membawa keuntungan pada modal awal yang Anda keluarkan. Orang yang melakukan aktivitas investasi biasanya dikenal sebagai investor.

Singkatnya, prinsip investasi ini dapat diibaratkan kegiatan menabung, yaitu Anda mengalokasikan dana untuk ditabung untuk digunakan di kemudian hari. Namun, bedanya, ada kemungkinan akan ada manfaat yang lebih baik.

Pemahaman dasar tentang investasi

Perlu dipahami bahwa tujuan atau rencana memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan Anda dalam berinvestasi. Tujuan atau rencana yang Anda miliki ini nantinya dapat membantu Anda menentukan jenis apa yang cocok dengan keadaan dan kebutuhan Anda di masa depan. Secara umum jenis investasi ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang

BACA JUGA  4 Manfaat Perdagangan Jangka Panjang

Investasi jangka pendek

Investasi jangka pendek adalah kegiatan investasi dengan skema yang memungkinkan Anda memperoleh keuntungan selama 1 sampai 3 tahun ke depan. Dengan memilih investasi jangka pendek, Anda menyadari bahwa jenis investasi ini akan cocok untuk Anda yang memiliki keinginan atau kebutuhan dan perlu direalisasikan dalam jangka waktu yang lebih singkat.

Contoh tujuan investasi jangka pendek yang dapat Anda terapkan adalah perencanaan biaya liburan yang telah Anda persiapkan untuk tahun yang akan datang. Memahami persiapan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda tidak perlu melakukan perhitungan yang dapat mengganggu kestabilan kondisi keuangan Anda.

Investasi jangka panjang

Investasi jangka panjang merupakan jenis investasi yang membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan keuntungan yang Anda harapkan. Investasi ini biasanya memakan waktu 3 hingga 15 tahun. Tak jarang juga melebihi ekspektasi saat itu. Periode ini berlaku untuk penyesuaian tujuan utama Anda dalam melakukan investasi. Meski begitu, investasi jangka panjang lebih cenderung menghasilkan imbal hasil yang besar, dibandingkan investasi jangka pendek.

Kenali investasi saham

Setelah Anda paham tentang investasi secara umum, hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mulai mempelajari berbagai produk investasi yang ada saat ini. Salah satunya adalah investasi saham. Secara umum, saham dapat diartikan sebagai tanda penyertaan modal seseorang atau pihak, yang meliputi badan usaha, dalam perseroan atau perseroan terbatas. Dengan penyertaan modal terdaftar, pihak tersebut berhak untuk mengklaim pendapatan perusahaan, kekayaan perusahaan, dan hak untuk menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Jadi, jika Anda pernah melakukan suatu bentuk investasi saham, secara tidak langsung Anda bisa mendapatkan keuntungan dari modal awal yang digunakan untuk membeli saham satu atau lebih perusahaan. Meski begitu, perlu Anda pahami bahwa modal yang Anda salurkan untuk berinvestasi pada saham tersebut memiliki peran untuk mendukung kebutuhan peningkatan perekonomian suatu perusahaan atau perusahaan. Keuntungan yang diperoleh dari perbaikan ekonomi inilah yang nantinya akan dibagikan kepada investor atau investor saham.

BACA JUGA  Kriteria Tabungan Pendidikan yang Bagus Seperti Apa?

Jenis investasi saham

Perlu Anda ketahui bahwa saham-saham tersebut berasal dari berbagai sektor perekonomian. Oleh karena itu, memilih investasi saham yang tepat akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan keuntungan dari aktivitas investasi yang Anda lakukan. Bursa Efek Indonesia mencatat terdapat kurang lebih 711 perusahaan yang mencatatkan saham yang terbagi dalam 9 sektor, sebagai berikut adalah rinciannya.

  • Pertanian
  • Pertambangan
  • Industri dasar & bahan kimia:
  • Miscellaneous industry (usaha pembuatan mesin berat atau ringan beserta komponen pendukungnya)
  • Industri barang konsumen
  • Properti, real estat, dan konstruksi bangunan
  • Infrastruktur, utilitas, dan transportasi
  • Keuangan
  • Perdagangan, jasa, dan investasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *