Kelemahan Memiliki Investasi Tabungan Emas

Investasi berupa tabungan emas selain mempunyai keuntungan yang sudah kami uraikan di postingan sebelumnya, kali ini kami berikan beberapa kelemahan dari sistem ini. Emas Adalah logam yang mempunyai sifat lunak dan mudah ditempa, Emas mempunyai tingkat kekerasan antara 2,5 sampai 3 (skala Mohs), Dan mempunyai berat jenis yang tergantung dari jenis kandungan logam lain yang tergabung dengan emas ini.

Emas merupakan logam mulia yang banyak diminati orang. Bagaimana itu? Perhiasan berbentuk menarik ini berhasil menarik perhatian banyak orang karena dikenal sebagai barang investasi dengan kepastian akan memberikan keuntungan bagi pemiliknya.

Seperti diketahui, orang menggunakan emas sebagai bentuk investasi untuk menuai hasil di masa depan. Berbagai bentuk emas banyak diminati, seperti emas perhiasan, dinar emas, dalam bentuk batangan, dan bisa juga sebagai tabungan emas yang fungsinya untuk membiayai pendidikan, biaya kesehatan, untuk keperluan biaya haji, bahkan untuk beli sebuah rumah.

Tidaklah mengherankan, karena berinvestasi emas memiliki keunggulan utama karena tren harganya selalu naik dari tahun ke tahun dan ini jelas memberikan keuntungan bagi pemiliknya, apalagi jika selisih harga beli dan harga jualnya sangat besar. .

Dalam segala kemudahan atau keuntungan berinvestasi, tidak jarang Anda menemukan kekurangan atau kekurangan. Hal yang sama berlaku untuk investasi emas. Jika Anda baru ingin memulai investasi dengan membuka tabungan emas, Anda perlu memperhatikan sisi negatifnya agar dapat memahami risiko investasi yang akan Anda lakukan.

Emas Merupakan alat yang digunakan sebagai standar keuangan di banyak negara. Selain itu juga difungsikan sebagai perhiasan, dan alat elektronik. Banyak Negara seperti Australia (Kangaroo), China (Panda), Malaysia (Kijang Emas), Amerika Serikat (Eagle dan buffalo), Bahkan juga Indonesia (Logam Mulia) dan masih banyak negara lainnya yang memproduksi secara massal koin emas sebagai Investasi Emas.

BACA JUGA  Cara Menabung Dana Darurat

Berikut kelemahan ber investasi tabungan Emas

Investasi tabungan emas

Investasi jangka panjang

Memiliki properti yang cenderung sama dengan tabungan konvensional, meningkatkan nilai aset emas Anda akan mempengaruhi cara Anda melakukan transaksi tabungan emas. Jika Anda sering menambahkan nilai emas yang Anda miliki dalam tabungan emas Anda, kemungkinan itu adalah nilai aset yang Anda miliki dalam investasi emas. Di sisi lain, jika Anda terlihat pasif, pengembalian investasi emas yang Anda harapkan akan sulit dicapai dalam waktu dekat. Karenanya, memiliki simpanan emas lebih sering dipandang menguntungkan sebagai bentuk investasi jangka panjang, seperti dana pensiun atau dana darurat misalnya.

Ada biaya administrasi dan deposit

Bagi Anda yang ingin membuka rekening tabungan emas, perlu diperhatikan bahwa saat pertama kali melakukan transaksi akan dikenakan biaya setoran emas. Biaya deposit emas ini biasanya memiliki batasan waktu tertentu. Jika masa berlakunya sudah habis, otomatis biaya setoran akan diperpanjang dengan mengurangi saldo simpanan emas Anda. Selain itu, untuk setiap pembelian emas, Anda juga akan dikenakan biaya administrasi oleh penyedia jasa jual beli emas terkait.

Selain investasi emas, mungkin berikut ini juga perlu kalian ketahui, yang semoga juga menambah pandangan anda dalam berinvestasi.

Kenali investasi obligasi

Apa itu Obligasi? obligasi merupakan produk investasi yang mengacu pada aktivitas jual beli surat utang dalam jangka menengah dan panjang. Selain memiliki tabungan emas sebagai investasi, Anda juga harus mengetahui jenis investasi lain yang menguntungkan. Salah satunya adalah investasi obligasi. Berbeda dengan pembukaan tabungan emas yang hanya melakukan operasi konversi uang tunai menjadi emas,

Sebagai investor obligasi, biasanya Anda akan menerima kupon atau bunga sebagai tanda kepemilikan atas investasi tersebut. Jika Anda memilih obligasi pemerintah atau perusahaan, Anda biasanya akan menerima kupon yang akan diberikan kepada Anda secara berkala. Kupon ini menjadi bukti atau pertanda keuntungan yang Anda dapatkan dari berinvestasi di obligasi. Manfaat mendapatkan pendapatan tetap menjadikan obligasi salah satu produk investasi terbaik yang bisa Anda miliki. Meski begitu, investasi obligasi juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah tidak bisa diuangkan sewaktu-waktu. Ini tentu berbeda dengan berinvestasi emas yang menawarkan kemudahan untuk ditebus kapan saja.

BACA JUGA  Tips Mendapatkaan Pekerjaan di Luar Negeri

Dan apa keuntungan dari sistem obligasi? Tentunya akan kami bahas di postingan selanjutnya, yang akan kami bahas secara lebih detail penjelasan dan penjabaran tentang Investasi Obligasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *