Sejarah Tahun Baru Islam Patut Diketahui

Sejarah Tahun Baru Islam Patut Diketahui

KabarJatimKu – Kembali pada sejarah tahun baru Islam mengingatkan pada beberapa hal yang harus kembali diulas. Mengingat sebuah tahun baru yang menjadi hari bagi umat Muslim seluruh dunia tersebut. Tahun baru Islam ini jatuh pada 1 Muharram. Sebuah hari yang menjadi hari istimewa dan selalu dinanti oleh seluruh umat muslim yang ada. Kebahagiaan dan berkah yang dinanti dalam sebuah tahun baru ini.

Namun, yang mengetahui sebuah sejarah penting terkait tahun baru Islam ini dirasa masih banyak yang belum mengetahui. Karena di dalam sebuah tahun baru Islam ini ada beberapa hal yang menjadi sebuah hal perlu diketahui umat Muslim. Memiliki sebuah peringatan terhadap perinngatam tahun baru ini menjadi hal yang wajib diketahui umat Muslim. Islam mengajarkan setiap perayaan dengan kesederhanaan dan mensyukuri nikmat.

Pada tahun baru Islam ini diperingati dengan melihat sebuah kalender Hijriah. Tentu saja akan berbeda dengan sebuah peringatan yang berkaitan dengan kalender Masehi. Maka, sering kali Kami menemui orang sering merayakan tahun baru berdasarkan tahun baru Masehi dibanding dengan tahun baru Hijirah. Hal ini menjadi sebuah kesempatan untuk mengingat sejarah tahun baru Islam yang memang menjadi hal penting bagi kita semua.

Sejarah Tahun Baru Islam dan Penetapan

Ada peristiwa yang perlu diceritakan ulang dalam peringatan tahun baru Islam ini. Tahun baru Islam ini melalui beberapa masa yang harus dipersiapkan dengan matang. Tahun yang mengalami perundingan terlebih dahulu sebelum menjadi tahun baru yang ditetapkan. Karena pada zaman dahulu terbiasa melakukan sebuah musyawarah terlebih dahulu sebelum melakukan beberapa hal yang akan dilakukan.

BACA JUGA  Tips Nembak Cewek Paling Jitu Dijamin Keren

Penetapan bulan Muharram sebagai tahun baru Islam ini juga disertai alasan yang kuat. Pasalnya, pada bulan tersebut Rasulullah berniat pertama kali melakukan sebuah hijrah. Maka, bulan tersebut dijadikan sebuah rujukan untuk terciptanya tahun baru Islam yang memang sesuai dengan terjadi sekarang ini. Ternyata pada zaman dahulu untuk menetapkan tahun baru Islam ini membutuhkan sebuah proses yang panjang.

Menelusuri Tragedi Karbala yang Terjadi

Peringatan tahun baru ini tidak serta menjadi hal yang semuanya menyenangkan. Pada tahun itu ada sebuah peristiwa yang begitu mencekam dan menimbulkan kesedihan banyak umat manusia. Karena pada saat peristiwa tahun baru Islam tersebut ada sebuah peristiwa terbunuhnya cucu Rasulullah. Tragedi itu diberi nama Tragedi karbala. Karena menelisik bahwa hari itu menjadi hari yang begitu menyedihkan bagi umat Muslim.

Tragedi tersebut terjadi ketika Rasulullah akan segera hijrah. Karena seorang yang ingin hijrah tentu saja memiliki sebuah hal yang harus diperhatikan. Karena sebuah hijrah tentu membutuhkan waktu perjalanan yang lama. Namun, hati Rasulullah diuji dengan kematian cucunya tersebut. Sebagaimana yang telah tertulis di dalam kitab, bahwa Rasulullah merupakan pemilik hati yang teguh dan sabar. Maka, ini menjadi momen sejarah tahun baru Islam yang pilu.

Doa yang Perlu Dipanjatkan Menyambut Tahun Baru

Kemudahan dalam mengetahui sejarah tahun baru Islam di berbagai cara. Tentu saja dalam setiap perayaan yang diadakan oleh Islam selalu mengajarkan untuk berdoa. Setiap Muslim berlomba-lomba untuk berdoa untuk menyambut tahun baru yang dinanti tersebut. Karena seseorang akan memiliki sebuah doa yang mustajab ketika turun wahyu dari Allah SWT. Islam memang sebuah agama yang mengajarkan sebuah ketabahan.

Karena Islam mengajarkan menjadi agama yang baik, maka Islam selalu menuntun umatnya ke dalam kebaikan. Salah satu langkah yang harus dilakukan adalah berdoa ketika menyambut hal ini. Tentu saja doa yang bisa diakses di berbagai internet maupun buku kumpulan doa tersebut akan membantu sebuah doa yang bisa dilantunkan ketika perayaan hari itu. Maka, sebuah sejarah tahun baru Islam ini merupakan hari yang sejuk bagi umat Muslim.

BACA JUGA  Sejarah Permainan Bola Voli Ternyata Menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *